Talk less do more

Semakin banyak anda belajar, maka anda akan merasa semakin bodoh !!!

Membuat mail merge dengan menggunakan Ms. Word 2007

Mail Merge atau surat masal merupakan sebuah fasilitas dari Word untuk mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus dari satu sumber surat. Secara teknis, dibutuhkan dua buah file untuk mengolahnya, yang pertama adalah isi surat sedangkan yang lainnya adalah data kepada surat tersebut dikirimkan, kemudian pada proses pengiriman, kedua file tersebut digabungkan.Fitur Mail merge yang ada di Microsoft Office 2007 dapat  kita manfaat kan untuk mempercepat dan mempermudah mengolah data serta dapat efisiensi kerja dan waktu.Mail Merge ini sangat penting untuk membantu pekerjaan kita, salah satunya aja kita kalau mau buat sertifikat, ijazah, dsb yang jumlahnya lumayan banyak maka fasilitas ini sangat membantu kita buat mengerjakan semua itu dengan cepat dan efisien.

Langsung aja saya berbagi tentang cara menggunakan Mail Merge ini,

Pertama kita buka Ms. Word 2007 lalu kita buat terlebih dahulu template sertifikat seperti dibawah ini dan save file tersebut,

Kemudian kita bikin file datanya buat data sertifikat, kita buka lembar baru lagi di Ms. Word 2007.Saya contohkan cuma 3 nama dan anda bisa membuat nya sesuai dengan kebutuhan anda,

Setelah sudah save file data tersebut.Misal saya simpan di data D; komputer saya,

Langkah selanjutnya yaitu kita buka pada document pertama (template sertifikat), Pilih Mailing —> Start Mail Merge —> Step By Step Mail Merge Wizard dan click.

Maka akan muncul tampilan sebagai berikut,

Click Next : Starting Document

Next : Select recepients —> browse dan kita masukan data yang sudah kita buat tadi yg kita simpan di D: setelah itu click OK

Next : Write your letter ,

Setelah itu kita arahkan kursor kita ke inputan yang mau kita insert kan data nya, pertama kita arahkan kursor kita ke Nama :___

Kemudian kita pilih more setting dan kita pilih nama untuk inputan nama kemudian kita insert.Maka hasilnya seperti ini,

Kemudian pindahkan kursor kita ke Team :___

pindahkan juga ke Juara___

dan ikuti langkah sebelumnya dan hasilnya seperti ini,

Kemudian kita next : Preview Your Letters —> Next : Complete The Terge

dan kita sudah berhasil membuat Mail Merge yang hasilnya seperti pada gambar dibawah ini,

 

Click tombol di atas yang saya lingkari buat melihat file sertifikat selanjutnya.

Semoga bermanfaat !!!! (Y) atau (y)

One Response

  1. […] File Name : Membuat mail merge dengan menggunakan ms. word 2007 | talk Source : imronayubi.wordpress.com Download : Membuat mail merge dengan menggunakan ms. word 2007 | talk […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email anda.

Join 21 other followers

%d bloggers like this: